7-zip Unpacker Aplikasi S60v3 V5 Pengextrack File Berformat 7z

Terkadang saat kita mendownload suatu file terntentu di web file share hosting kita mendapat file dengan ekstensi aneh seperti 7z. Kira-kira apa 7z itu? 7z adalah suatu format file hasil kompresi seperti halnya zip, rar dan sebagainya. Memang selama ini file archieve yang kita ketahui hanya zip, rar, jar atau tar. Kedengaran aneh memang saat kita tahu ada file berekstensi 7z, namun perlu di ketahui meskipun format 7z tidak populer namun banyak yang memanfaatkannya karena teknik kompresi datanya relatif lebih kecil dibanding yang lain.

Yang menjadi kelebihan dari 7z adalah dukungan terhadap teknik kompresi data, enkripsi dan pre processing filter, oleh karena itu hasil kompresinya juga lebih kecil.
File 7z bisa di buat menggunakan software 7-zip via pc yang bisa di download secara gratis disini. 7-zip tidak bisa mengarchieve file berekstensi zip atau rar namun bisa membuka file kompresi tersebut. Cara mengekstrak file yang berekstensi 7z bisa dilakukan dengan mudah via pc dengan menggunakan aplikasi 7-zip, namun bagaimana bila kita ingin mengekstrak file kompresi tersebut lewat ponsel?
Untuk mengekstrak/mengkompresi data biasanya kita cukup menggunakan Xplore karena xplore mendukung pengarchievan data seperti jar, zip, dan rar namun sayangnya xplore tidak bisa mengekstrak file hasil kompresi 7-zip dan akan muncul alert seperti gambar dibawah saat file di eksekusi.
alert xplore.jpg

Nah agar kita bisa mengekstrak file 7z kita perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya yang memiliki kompatibilitas menangani file ini seperti 7-zip unpacker untuk s60v3 dan s60v5. Aplikasi 7z unpacker ini freeware alias gratis. Setelah menginstal jalankan 7 zip unpacker di ponsel anda.
1..jpg

Setelah itu tekan option pada softkey kiri ponsel anda, pilih unpack.
2..jpg

Kemudian browser arcieve file yang berekstensi 7z di direktori saat anda save file kompresi tersebut.
3.(01).jpg

Tentukan destinasi folder hasil unpacking dan aplikasi akan mengekstrak otomatis ke destinasi folder yang dituju.
4..jpg

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa untuk mengekstrak saja dan tidak bisa membuat/mengkompresi file. Namun ada baiknya anda memasang aplikasi ini di ponsel symbian anda jika suatu saat mendapati file yang berekstensi .7z saat mendownload game, aplikasi atau apa saja di internet.

1174087-aafabbc82c.png

Sumber: deanmu.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Code: Samurai

MEGAMAN X DIVE OFFLINE FREE DOWNLOAD